My-Math


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             :        SMA NEGERI 4 OKU
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh)/Genap

Standar Kompetensi   :  4.   Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

Kompetensi Dasar      :  4.1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.

Indikator                     :  1.   Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
                                       2.   Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

         a.   Peserta didik dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.  
         b.   Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

B.      Materi Ajar
        
         a.   Pernyataan  dan nilai kebenarannya.
         b.   Kalimat terbuka dan himpunan penyelesaiannya.
         c.   Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan dan nilai kebenarannya.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab
        
D.     Langkah - langkah Kegiatan
        
         Pertemuan Pertama

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  -
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, serta dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan) mengenai penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka,cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.          
c.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan.
d.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal.
e.       Peserta didik memberikan uraian singkat seputar materi pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya pada kuis yang dilakukan.

Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka,serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya.

E.      Alat dan Sumber Belajar

         Sumber
         -     Buku paket atau buku pegangan siswa
         -     Buku referensi lain.

         Alat:
         -     Laptop
         -     LCD

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   : tes lisan, penugasan
                        Bentuk Instrumen :  uraian singkat
                        Jenis Tagihan            :  tatap muka, PR terstruktur
         Soal Insrtumen       : Terlampir



                                                                                                Baturaja,   Januari 2011
             Mengetahui:
             Kepala Sekolah SMA                                                        Guru Bidang Studi Matematika





             Muhammad Yaman,S.Pd                                             Mukthamira S.Pd.Si
            NIP. 196510051989031011                                                NIP. 198009272008032001





Tidak ada komentar:

Posting Komentar